Cara Perpanjang Paspor Online

Perpanjanglah paspor Anda sebelum tergesa-gesa! *true story

Secara umum, persyaratan untuk ke luar negeri maupun mengurus visa adalah masa berlaku paspor minimal 6 bulan. Bagi pemegang paspor Indonesia, untuk mengunjungi negara ASEAN syarat paspor adalah masa berlaku minimal 6 bulan, sedangkan untuk ke Eropa minimal 8 bulan. Begitulah peringatan yang muncul di layar tiket.com. *khusus negara Spanyol, masa berlaku paspor hanya minimal 3 bulan di atas masa tinggal di sana.

Jangan panik, cara mengurus perpanjangan paspor ataupun membuat paspor baru sebenarnya sangat gampang, asalkan kita punya waktu yang cukup, minimal 1 minggu sebelum tanggal keberangkatan (ini saja sudah bikin deg-degan), yaudah katakan saja 2 minggu sebelum tanggal keberangkatan di tiket pesawat. Lebih dari 2 minggu, ya lebih baik bagi kesehatan, tidak jantungan menunggu paspor selesai.

A. Siapkan dokumen persyaratan:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Akte Kelahiran
  3. Fotokopi Kartu K eluarga
  4. Fotokopi Paspor lama

Tambahan: Bawa dua materai. Satu untuk formulir saat di kanim. Kedua untuk surat pernyataan jika Anda hendak tetap menyimpan paspor lama. Jika paspor lama Anda masih memiliki Visa yang valid (masih berlaku), maka otomatis paspor lama akan dikembalikan, namun tetap perlu mengisi surat pernyataan. *Surat pernyataan telah disediakan, tinggal isi nama dan data serta tanda tangan.

Tips: Persiapkan dokumen ini dari rumah. Di kanim ada layanan fotokopi dan jual materai, namun antriannya bisa panjang jika sedang ramai. Anda tentu tidak mau buang-buang waktu, kan!

Perhatikan: Keempat dokumen di atas wajib di fotokopi di kertas A4, termasuk fotocopy KTP biarkan saja di kertas A4, tidak perlu digunting. Catet!

Penting: Dokumen Asli dari keempat persyaratan di atas wajib dibawa serta sebagai bukti verifikasi, setelah itu langsung dikembalikan. Satu saja dokumen tidak ada, jangan harap aplikasi bisa diproses *true story.

B. Mendaftar secara online di Layanan Paspor Online

Langkah pertama klik Pra Permohonan Personal, dan ikuti saja langkah-langkahnya selanjutnya. Bingung? Tenang, ada Petunjuk Pengisian Layanan Paspor Onine yang lengkap dan mudah dipahami.

  • Entry Data Diri. Isi dengan teliti, data yang benar dan lengkap.
  • Verifikasi permohonan. Anda akan diminta memilih Kantor Imigrasi (Kanim) untuk submit aplikasi, wawancara dan foto biometrik. Direkomendasikan untuk memilih Kanim Jakarta Selatan, lebih sepi pendaftar (katanya), jadi urusan bisa lebih cepat selesai. Yakinlah nongkrong (baca: ngantri) di kantor imigrasi bukanlah hal yang menyenangkan.
  • Proses Pembayaran. Anda akan diminta membayar biaya paspor yang dapat dilakukan via ATM, internet banking, atau SMS banking. Anda akan diberikan nomor billing Simponi MPN G2. Apa sih Simponi itu? Simponi atau Sistem Informasi PNBP Online adalah fasilitas pembayaran/penyetoran PNBP dan penerimaan non anggaran yang memberi kemudahan bagi Wajib Bayar/Wajib Setor untuk membayar/menyetor PNBP dan penerimaan non anggaran melalui berbagai channel pembayaran seperti teller, ATM, EDC (Electronic Data Capture), maupun internet banking. Uang yang Anda bayar dijamin diterima oleh negara dan tidak dapat dilebih-lebihkan (overprice). Yang rajin dan kepo bisa baca artikel lengkapya di sini http://www.kemenkeu.go.id/Artikel/setoran-pnbp-lebih-mudah-dan-cepat-simponi (narsis sama kantor sendiri boleh ya sekali-kali!)
  • Konfirmasi tanggal kedatangan. Setelah itu Anda akan menerima email berisi attachment file Tanda Terima Penerimaan, print itu dokumen ya!
  • Datang ke kanim. Dengan membawa print Tanda Terima Penerimaan dan Bukti Pembayaran jika membayar via internet banking, atau Bukti Setor Bank jika membayar di Teller Bank, atau print setoran jika membayar di ATM. Kedua dokumen ini wajib dibawa, dan jangan lupa di fotocopy dulu sebagai syarat pengambilan paspor nanti.

C. Datang ke kantor imigrasi (kanim)

Proses pendaftaran aplikasi di kantor imigrasi dimulai pukul 08.00-10.00 WIB. Lewat pukul 10 pagi, silahkan balik kanan dan datang esok hari. Datanglah sepagi mungkin, ba’da shubuh kalau perlu! Eh serius loh. Kenapa? Karena meski tertulis pukul 8 pagi, antrian di kanim sudah mengular jika Anda datang tepat pukul 8. Jadi datanglah pukul 6 pagi, jika ingin dapat antrian awal-awal. Meski demikian proses wawancara dan foto biometrik tetap dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Oke, mungkin ada yang bertanya, kalau tidak daftar online, kita bisa go show daftar manual di Kanim, tidak? Jawabannya Bisa, cuma antriannya alamaaaaakkk…puanjang bener. Begini sahabatku yang baik hatinya, antrian di kanim itu terbagi atas tiga, yaitu:

  1. Prioritas: lansia, balita, ibu hamil (mereka akan mendapat kode antrian 1, dan dipanggil pertama untuk wawancara, meskipun datangnya setelah Anda)
  2. Manual: yang daftar isi formulir dan bayar di tempat
  3. Online: yang daftar mengikuti cara poin B di atas

Ilustrasi:
Saya datang pukul 7 pagi, dengan kondisi bangku antrian sebagai berikut:
Prioritas: ada sekitar 30 orang
Manual: ada sekitar 40-50 orang
Online: hanya sekitar 10 orang, jumlahnya memang selalu lebih sedikit dari antrian manual, karena mungkin pendaftaran online masih dianggap membingungkan dan banyak yang gagap teknologi.
Antrian fotokopi: sekitar 15 orang. Karenanya persiapkanlah fotocopy dokumen dari rumah. Sebab setelah dari fotokopi masih banyak antrian yang harus Anda ikuti.

Pertama, antri untuk foto dan ambil nomor antrian penyerahan berkas.
Kedua, antri untuk verifikasi berkas.
Ketiga, antri untuk diwawancara dan foto paspor.
Selesai. Ke semua ini memakan waktu 1.5 jam. Ini karena saya datang pagi jam 7 dan mendaftar online. Jika sudah ramai, tanggung sendiri antriannya.

Anda telah berhasil mengurus aplikasi paspor, apabila sudah diwawancara dan difoto. Setelah itu Anda akan diminta datang 3 hari (dengan catatan sistem tidak bermasalah) kemudian untuk mengambil paspor baru. Jika sistem mengalami kendala, proses paspor bisa berlangsung hingga 5 hari, begitu kata petugas di kanim.

D. Mengambil Paspor Baru

Setelah diwawancara pada hari Selasa, maka tiga hari kemudian atau hari Jumat saya datang kembali dan paspor baru saya telah selesai. Proses pengambilan paspor mulai dari pukul 10.00-16.00 WIB.

Datanglah pukul 06.00 WIB untuk mendaftar nomor antrian awal, atau sekitar pukul 14.00  atau 15.00 saat antrian sudah mulai sepi.

Catatan pribadi:

Meski telah jauh lebih baik dari 5 tahun lalu saat saya membuat paspor pertama kali di Kemayoran, Jakarta Pusat yang memakan waktu seharian dan selesai 7 hari. Sekarang hanya 1.5 jam dan selesai 3 hari. Masih banyak hal yang dapat diperbaiki oleh Kantor Imigrasi untuk memperpendek proses aplikasi, hal-hal berikut yang menjadi perhatian saya:

  1. Saat ini ada tiga tahap, yakni pengambilan nomor antrian, verifikasi berkas sekaligus, dan wawancara. Tahapan pengambilan nomor antrian dan verifikasi berkas dapat digabung sekaligus.
  2. Masa urus perpanjang paspor dapat dipersingkat menjadi 1 hari. Saya sempat menghubungi biro jasa dan mereka dapat menjanjikan paspor baru selesai dalam 1 hari, hanya saja biayanya 5 kali lipat. Jika dengan biro jasa bisa 1 hari, maka sebenarnya paspor bisa selesai 1 hari, lantas kenapa harus memakan waktu 3 hari.
  3. Perpanjangan paspor seharusnya tidak perlu memakan waktu antri lama bahkan 3 hari proses. Apabila sistem database kantor imigrasi bagus, maka seharusnya paspor yang sudah diterbitkan datanya tercatat lengkap, sehingga proses verifikasi dari sana saja, kecuali terdapat perubahan data dari pemohon. Sayangnya saya harus mengikuti tata cara seperti membuat paspor pertama kali, baik dokumen maupun antrian.
  4. Saya mendaftar online dan telah mengisi data secara lengkap, eh sampai di kantor imigrasi disuruh isi formulir manual lagi. Yaelah, pengen gigit sepatu. Pendaftaran online hanya membantu memperpendek antrian saat di kanim, selebihnya sami miwon dengan manual.
  5. Terdapat 6 loket wawancara, namun yang buka hanya 2-3 loket, hal ini semakin memperlama antrian. Setelah pukul 9 ke atas, baru seluruh loket buka.
  6. Sebaiknya untuk antrian prioritas disediakan loket khusus, sehingga adil bagi yang sudah mengantri dari pagi sekali.
  7. Mohon banner dengan foto Pak Menteri dikurangi, xixi… Kita mah cuma perlu urus paspor mudah dan cepat, bukan foto Pak Menteri.
  8. Saya hendak mengacungkan jempol untuk alur pengurusan paspor yang lebih jelas. Ruang tunggu juga lebih baik. Loket wawancara dan foto sudah terbuka, tidak disekat-sekat seperti dulu. Namun, toiletnya boleh dong ditingkatkan lagi, hehe..

dscf0924

Cumlaude Studio, 8 Oktober 2016.
Fit MS

4 thoughts on “Cara Perpanjang Paspor Online

    • Terima kasih infonya Mas Eky, di sana saya tulis info menurut tiket.com, sementara untuk negara Spanyol saya sudah konfirm hanya min. 3 bulan. Tapi untuk negara Schengen yang lain berbeda-beda syaratnya, itu yang saya ketahui.

Leave a comment