Bisa Berenang Dalam Tiga Hari

Di usia 26 tahun, saya (akhirnya) bisa berenang. Bukan sulap, bukan sihir, basic skills berenang saya kuasai hanya dalam tiga hari. Tepatnya pada tanggal 6-7 dan 13 Februari 2016, saya mengambil kelas renang. Demi mencoret satu target dalam hidup.

Tulisan ini bukan iklan berbayar. Tulisan ini ditujukan bagi teman-teman yang sangat ingin bisa berenang, namun mungkin sudah putus asa, karena usia yang sudah tidak muda. Atau telah belajar kepada kawan sejak lama, namun tak kunjung bisa berenang juga. Pernah nyaris tenggelam sehingga memiliki trauma berada di air. Selalu dilindungi pelampung saat nyemplung di laut. Well jika begitu sama teman-teman, karena semua itu adalah cerita saya sebenarnya.

Harapan itu masih ada!

Saya sangat merekomendasikan www.belajarrenang.comMetode mengajarnya sangat efektif dan pelatihnya pun ada lelaki dan perempuan. Kursus di belajarrenang.com hanya memerlukan waktu 4 hari. Inilah yang saya pelajari:

Hari ke-1: Menghilangkan rasa takut di air dengan melatih cara bernafas di air. Kemudian ditunjukkan fakta bahwa sebenarnya sulit tenggelam di air dengan cara belajar menyentuh dasar kolam.

Hari ke-2: Melatih pernafasan di tempat yang lebih dalam. Melatih gerakan tangan, kemudian gerakan kaki secara bergantian.

Hari ke-3: Melatih kaki dan tangan bersamaan. Inilah momen saya dapat berenang. Serta belajar menyentuh dasar kolam.

Hari ke-4: Melancarkan gerakan serta dibekali tips cara mengatasi kaki yang kram di dalam air.

Biaya kursus:
Satu orang: 1.8jt
Dua orang: 1.5jt/orang

Memang agak mahal tapi saya rasa setimpal dengan kepuasan yang saya peroleh. Saya sudah ingin kursus sejak lama, namun selalu urung mengingat biaya yang cukup mahal dan teman saya selalu bilang, “belajar sama saya saja gratis.” Ada dua hal, pertama belajar bersama teman itu tidak pernah terjadi karena tidak pernah ketemu waktunya. Kedua, saya pernah belajar dengan teman yang lain, tapi berakhir putus asa, karena metodenya tidak cocok untuk pemula. Teman saya bilang gerakkan kaki dan tangan begini. Bagaimanalah saya hendak menggerakkan anggota tubuh, bila berada di air saja takut. Selain itu belajar sama teman, seringnya tidak serius. Ia keburu putus asa melihat kita yang tidak bisa-bisa.

Di bawah ini adalah foto saat saya belajar di hari ke-4:

belajarrenang7
Sudah bisa nggaya dan main air..
belajarrenang2
Kolam Cikini sebagai tempat belajar karena dalamnya mencapai 3m.
belajarrenang1
Belajar Menyentuh Dasar Kolam. Tidak gampang ternyata.

Sekarang saya tidak trauma lagi berada di air. Meski tanpa didampingi pelatih, saya sudah percaya diri untuk berenang di kedalaman 3m. Bagaimana teman-teman? Belajar renang ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, cuma 3-4 hari lho. Kalau saya bisa, Anda juga pasti bisa.

Casa Weleri, 7 Mei 2016.
Fitri Mayang Sari

 

24 thoughts on “Bisa Berenang Dalam Tiga Hari

  1. Assalamualaikum wr.wb
    Bagaimana kabarnya, Bu?Saya alhamdulillah sehat. Setelah menjalani puluhan kali latihan renang, alhamdulillah saat ini saya sudah bisa menguasai gaya dada dengan baik & santai walaupun jaraknya masih pendek. Oh iya, waktu ibu belajar renang di BRDC, apa ibu juga diajari cara mengambang (water trappen)?Kebetulan sampai sekarang saya masih kesulitan belajar mengambang & kepala cenderung tenggelam. Mohon tips2nya, Bu.

  2. Salam kenal. Nama saya Fahmi, 23 tahun. Saya berasal dari Batu. Saya ingin konsultasi tentang kendala yang saya alami ketika belajar berenang. Kebetulan saya saat ini belajar berenang dengan guru privat saya total sampai saat ini sebanyak 11 kali pertemuan dgn fokus gaya dada. Namun hasilnya, saya hanya bisa meluncur dan menggerakan kaki ala kaki katak tanpa koordinasi gerakan tangan yang sesuai. Meskipun guru privat saya sudah memberikan arahan & contoh berkali-kali di dalam kolam namun tetap saja tidak ada hasilnya. Saya tetap kesulitan untuk mengkoordinasi gerakan tangan dan mengangkat kepala diatas guna mengambil napas. Tiap kali mau angkat kepala, saya selalu tenggelam.Saya sudah coba berulang-ulang memperbaiki kesalahan dalam gaya renang, termasuk melihat cara guru privat saya melakukan gerakan renang dengan benar, namun tetap saja saya cenderung tenggelam. Akhirnya saya hampir frustasi dan sempat berpikir “kayaknya saya ditakdirkan ngga bakalan bisa renang ini”.Yang ingin saya tanyakan, apakah metode ala BRDC bisa efektif diterapkan kepada orang yg mengalami kesulitan berenang seperti saya?Mohon pencerahannya.

    • Halo Fahmi..
      Salam kenal juga.
      Saya bisa memahami kesulitan yang kamu rasakan, karena sebelum kursus di belajarrenang.com, saya juga belajar dengan beberapa orang teman, mereka menjelaskan A B C, mencontohkan begini begitu, tapi tetap saya tidak bisa. Lalu putus asa, dan menerima kenyataan bahwa saya tidak akan bisa berenang seumur hidup.

      Saya juga ragu untuk ambil kursus renang, karena biayanya mahal, dan tidak ada jaminan bahwa pasti bisa berenang. Kalau ada jaminan pun, saya meragukannya hanya sebagai gimmick jualan. Namun, setelah mendengar testimoni dari seorang teman saya -yang dulu tidak bisa renang sama sekali-, maka saya jadi yakin untuk ikut kursus di belajarrenang.com, meski biayanya tidak murah (namun worth it mengingat saya sekarang bisa berenang).

      Menurut saya, bukan kesalahan kamu belum bisa berenang, meski sudah 11 kali pertemuan. Namun mungkin metode guru renangmu yang tidak cocok di kamu. Di BRDC, metodenya efektif dan pas buat orang yang takut air, trauma, tidak bisa berenang sama sekali. Karena pada hari pertama, fokusnya bukan gerakan tangan dan kaki dulu, melainkan pernafasan. Orang yang tidak bisa berenang biasanya grogi karena tidak tahu cara bernafas di air. Maka ketakutan dan trauma akan air dihilangkan dulu. Setelah itu saya baru diajari gerakan tangan, kemudian gerakan kaki, lalu dua-duanya. Awalnya juga tidak bisa mengharmoniskan tangan dan kaki. Tapi tahu-tahu bisa harmonis saja.

      Secara pribadi, saya sangat menganjurkan Fahmi untuk kursus di belajarrenang.com dengan metode BRDC ini. Saya bukan marketing. Saya menulis cerita ini, karena saya tahu bagaimana putus asanya tidak bisa berenang, meski sudah niat, sudah coba belajar.

      ini sejumlah testimoni lain yang kursus dengan metode BRDC:

      https://belajarrenang.com/testimoni/

      Semangat buat kamu Fahmi. Pasti Bisa!

  3. halo mbak Fit…sy juga alumni belajarrenang.com kira2 4than yll dilatih mas Dion.. rasanya seneng banget, bener2 ajaib sy bs berenang.. utk biaya sebanding dgn hasil yg kita peroleh, dan dijamin pasti bs berenang.. kalopun sampe bener2 ga bs uang kembali.. hehee…

    • Halo Mbak Rina, salam kenal. Wah muridnya Mas Dion juga. Hahaa…I exactly know what you feel, ajiiiib begitu tahu kita bisa berenang ya. Saya masih harus banyak latihan tapi ini. Kemarin nyoba berenang di sungai yang arusnya lumayan deras, masih agak takut-takut. Kalau di kolam renang kan ga ada arus jadi aman ya. Kalo Mbak Rina, apakah sudah nyaman berenang di pantai, laut ataupun sungai? Kalau iya, saya ingin tahu gimana supaya bisa sampai ke tahap itu.

  4. Halo mba Fitri, salam kenal ya.

    Sy Vicky. Sy mau nanya, selain melatih bisa berenang, apakah metode belajarrenang.com ini bisa juga menjadikan kita mahir berenang utk dijadikan olahraga rutin (katakan 5x dlm seminggu)? Karena sy mau terapi utk tulang punggung juga. Saran dokter, sy harus berenang. Namun bagaimana bisa, berenang sj sy belum bisa. Hehehe. Tks banyak ya mba Fitri atas jawabannya

    • Halo Mas Vicky,
      Metode belajarrenang.com ini disebut dengan Survival Method, artinya membuat seseorang bisa survive ketika berada di air. Jadi dia mengajarkan supaya yg tidak bisa renang, takut di air menjadi bisa berenang dan nyaman di air. Kalau sering berenang lama-lama akan jadi mahir sendiri dan semakin lancar. Tapi mahirnya bukan seperti level atlit renang ya. Saya sendiri, rutin minimal seminggu sekali berenang. Sumpah, saya tidak menyangka akan bisa berenang setelah dewaasa, karena sejak kecil takut air dan tidak pernah kursus renang. Bahkan sudah hampir menyerah saja menerima takdir bahwa saya tidak bisa berenang.

      Nah untuk Mas Vicky, terapinya apakah ada syarat gaya renang tertentu atau bebas? Seandainya ada gaya tertentu, juga bisa request ke pelatihnya. Tapi yang paling penting bisa berenang dulu, kan.

  5. Wah, sama, saya juga alumni swim for survive/belajar renang..baru mulai belajar renang disitu saat usia udah 30 tahun karena tuntutan pekerjaan. 4 hari, no, 3 hari karena pertemuan terakhir dirapel jadi 4 jam udah bisa berenang..*nyesel kenapa ga dari duluuu*

    • Wah Toss dulu kalau gitu Mbak Rizka. Seperti mimpi ya bisa berenang, dan ternyata semudah itu. Makanya sekarang saya semangat banget mendorong teman-teman yang tidak bisa berenang untuk belajar renang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s